Klise » Featured, Headline, Info

PPN 10% : makanan & minuman yang dijual sudah tidak kena PPN 10 % lagi

14 April 2010 3,057 views 4 Komentar


tax Mulai 1 April 2010 berlaku UU No. 42 Tahun 2009 tentang PPN & PPNBM. Yang intinya makanan & minuman sudah tidak dikenai PPN 10 % lagi. Berikut kutipan UU No. 42 Tahun 2009 tentang PPN & PPNBM pasal 4A butir 2:

barang yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai adalah barang tertentu dalam kelompok barang sebagai berikut:
1. barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya
2. barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak
3. makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atau katering
4. uang, emas batangan, dan surat berharga.

Isi UU lengkapnya bisa dilihat di:
http://id-id.facebook.com/note.php?note_id=357373796117
dan bisa di download di:
http://www.pajak.go.id/dmdocuments/UU-PPN-2009.rar

Oleh karena itu, kita sebagai pembeli lebih teliti lagi saat membeli makanan & minuman di restoran dan tempat lainnya. Bisa di cek di nota (tanda bayar) apabila masih ada PPN 10% jangan mau membayarnya, bisa jadi dibohongi oleh penjualnya.

Sayangnya sampai hari ini, sepertinya PPN masih dikenakan ke pembeli, entah karena penjualnya ga tau tentang UU baru ini ato pura-pura tidak tahu, karena seharusnya memang sudah diberlakukan mulai 1 April 2010. Namun memang ada yang membuat rancu lagi yaitu mengenai adanya tulisan TAX di bon yang merupakan pajak dari Perda (Perda 8/2003) yang memang masih berlaku tapi masih ada yg juga dimasukkan PPN 10% (PPN yang sebenernya pajak restoran 10%). Penulisan PPN di struk tersebut bisa membuat bingung konsumen, seperti tumpang tindih antara peraturan Perda dgn UU.

Untuk itu, silahkan untuk lebih teliti dalam membeli makan dan minuman di warung dan tempat lainnya, bisa juga untuk disebarkan ke orang lain untuk diberi tahu akan hal ini agar tidak dirugikan.

(Sumber : twitter.com/jokoanwar & http://kask.us/3852273 oleh what3ver)

Leave a Reply

4 Comments on "PPN 10% : makanan & minuman yang dijual sudah tidak kena PPN 10 % lagi"

Notify of
avatar
bimara
Guest

bro, ente yakin dgn info anda ini??

Elisabet Kurnia
Guest

makan di warteg aja yang ga kena PPN… 😀

wpDiscuz