Klise » Featured, Telekomunikasi

Telecommunication Consultants (Kontraktor) -1-

25 September 2011 1,840 views Tidak ada komentar


(Sebuah artikel dari rekan milis konsultan telekomunikasi, Sunandar Priyo Sajugo)

Telecommunication Consultants atau bisa disebut juga Kontraktor merupakan pekerjaan yang sudah lama ada tapi mungkin belum banyak yang tahu tentang jenis pekerjaan ini, seperti apa, berapa rate gaji yang biasa diperoleh, bagaimana untuk memulainya, tips-tips untuk dapat menjadi konsultan telekomunikasi yang handal.

Apa saja kerjaan konsultan telekomunikasi itu?

Pekerjaan sebagai konsultan telekomunikasi adalah semua jenis pekerjaan yang terhubung dengan peralatan atau layanan yang vendor (Ericsson, Nokia, Cisco, Juniper, Huawei, Motorola, etc) specific. Peralatan itu bisa berupa :

1. Core network (MSC, MSS, HLR, MGw, VLR, SGSN, GGSN) Tiap vendor mempunyai peralatan sendiri, tapi mereka mempunyai prinsip kerja yang sama berdasar standar telekomunikasi (3GPP,ETSI, ITU,ANSI). Misalnya: Ericsson dengan MSS server dengan platform AXE, MGw dengan platform CPP, dsb. Nokia dengan MSS Rel4-nya, Huawei Dengan M900 nya.

2. Radio network (RNC, BSC, NodeB, BTS) Ericsson RNC dan NodeB dengan platform CPP. Nokia RNC dengan platform yang lain lain. Mungkin temen-temen yang ngerti bisa tambahkan.

3. Transport Network (SDH, PDH, IP Transport) Sama seperti diatas.

4. Layanan (Optimasi, Audit, Design) Jaringan telekomunikasi selalu membutuhkan optimasi untuk mendapatkan performance jaringan yang bagus. (gampangnya supaya orang pada bisa telepon dengan nyaman). Design yang handal juga diperlukan untuk membangun jaringan yang bagus dan mengantisipasi perkembangan ke depan. Lingkup pekerjaannya mulai dari instalasi (installer), testing (tester), integrasi (integrator), upgrade hardware, upgrade software, operation and maintenance, network audit, hingga optimisasi.

Macam-macam pekerjaan di atas terlihat mengerikan tapi sebenernya biasa aja bagi yang sudah berpengalaman. Lalu bagaimana agar bisa punya pengalaman?.

Beberapa cara untuk memasuki dunia telekomunikasi :

1. Ambil jurusan yang berkaitan dengan telekomunikasi (teknik elektro, teknik telekomunikasi, teknik informatika, ilmu komputer).Sebenernya ini bukan keharusan, tapi ini akan mempermudah jalan anda nanti.

2. Bekerjalah di perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi. apa aja?

* Operator (Telkomsel, HCPT, Indosat, EXCELCOM, Bakrie Telekom, NTS)

* Vendor (Ericsson, Huawei, Cisco, Juniper, Nokia Siemens Network, Motorola, Alcatel-lucent)

* Subkontraktor (Synergy, Elabram dan lain-lain)

Via Operator adalah salah satu cara paling mudah untuk menjadi kontraktor. Kenapa? Jika anda adalah karyawan tetap dari vendor, vendor akan melarang ketat karyawannya menjadi kontraktor, biasanya dengan sistem blacklist selama 6 bulan sampai 2 tahun. Artinya, karyawan tetap itu bisa saja berhenti, bekerja di tempat lain selama 6 bulan sampai 2 tahun dan menjadi kontraktor. Ada beberapa rekan yang permanent di vendor dan langsung menjadi kontraktor, tapi cara ini lebih beresiko, terutama jika vendor mengetahui niat anda. Kontrak yang sudah anda dapatkan bisa di cancel.

Banyak sekali subkontraktor yang memberikan layanan bagi para operator dan vendor, mulai dari instalasi sampai optimasi. Tapi paling banyak dijumpai adalah bidang instalasi dan optimasi. Contohnya adalah Synergy (tempat saya bekerja saat ini). Gaji di perusahaan subkontraktor ini tidaklah besar, gaji pokok mungkin berkisar 2 juta- 3 juta. Tapi ini bisa menjadi batu loncatan bagi anda untuk menjadi pekerja di vendor, operator, maupun langsung sebagai kontraktor.

3. Siapkan skill yang menunjang untuk berkarir di telekomunikasi. apa aja? Biasanya skills yang menunjang adalah: Operating System (windows, Unix, Sun), Router (Cisco, Juniper, Redhat), Spreadsheet, database dan pemrograman (excel, sql, oracle, visual basic), Pengetahuan tentang SS7, IMS, 3G, 4G dsb. Operating system diperlukan terutama bagi pekerjaan teknis di bidang Core Network , Transport, maupun Radio karena platform peralatan vendor biasanya berbasis UNIX-like ataupun Windows. Pengetahuan tentang TCP/IP adalah hal wajib. Pengetahuan tentang router juga akan menunjang anda, skill ini akan sangat berguna bagi pekerja di bidang Packet Switch (SGSN, GGSN, MPBN). Skill excel, database, dan pemrograman diperlukan bagi yang pengin berkarir di bidang Optimisasi Jaringan dimana diperlukan skill pengolahan data dengan ukuran besar menjadi laporan-laporan untuk dianalisa lebih lanjut.

4. Siapkan skill yang menunjang untuk berkarir di telekomunikasi bisa dengan mengikuti training khusus bidang telekomunikasi.

Bagaimana?? Anda siap menjadi kontraktor?? posting sambungan selanjutnya menjelaskan beberapa tingkatan dalam konsultan/kontraktor telekomunikasi dan beberapa gambaran gaji yang diperoleh

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz